Cara‌ ‌Membaca‌ ‌Teks‌ ‌Sekilas‌, Bagaimana Caranya?

Cara‌ ‌Membaca‌ ‌Teks‌ ‌Sekilas‌ – Membaca sekilas, mendapatkan esensi dari bahan bacaan tanpa membaca semua kata, bermuara pada mengetahui bagian mana yang harus dibaca dan bagian apa yang harus dilewati. Berikut ini adalah beberapa tips dan teknik untuk mengenali apa yang penting untuk dibaca dalam tindakan membaca sekilas.

Cara‌ ‌Membaca‌ ‌Teks‌ ‌Sekilas‌, Bagaimana Caranya?

Ketahuilah apa yang Anda inginkan

Sebelum Anda mulai membaca sekilas, tanyakan pada diri sendiri apa yang ingin Anda dapatkan dari buku atau artikel di bawah hidung Anda. Pikirkan dua atau tiga istilah yang menggambarkan apa yang ingin Anda ketahui, dan ketika Anda membaca sekilas, awasi dua atau tiga istilah itu. Membaca sekilas tanpa tujuan tanpa tujuan tertentu dapat menyebabkan kantuk, dan akhirnya, tertidur.

Cara‌ ‌Membaca‌ ‌Teks‌ ‌Sekilas‌: Baca secara vertikal maupun horizontal

Saat membaca sepintas lalu, Anda menggerakkan mata Anda secara vertikal sebanyak Anda menggerakkan mata Anda secara horizontal. Dengan kata lain, Anda memindahkan mata Anda ke bawah halaman sebanyak Anda memindahkannya dari sisi ke sisi.

Membaca sekilas sedikit seperti berlari menuruni tangga. Ya, Anda harus mengambil satu langkah pada satu waktu, dan berlari menuruni tangga adalah sembrono, tetapi Anda juga sampai di sana lebih cepat dengan berlari.

Berpikir seperti penulis

Setiap artikel, buku, dan halaman Web ditulis untuk menjelaskan beberapa hal, dan jika Anda dapat mendeteksi strategi penulis untuk menyampaikan pendapatnya, Anda dapat memisahkan yang penting dari materi yang tidak penting dalam perjalanan bacaan Anda. Anda dapat fokus pada materi orisinal, bermakna, dan mengabaikan materi yang hanya mendukung argumen penulis tanpa memajukannya.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Pembaca yang Baik dan Patut Ditiru

Mendeteksi strategi penulis mengharuskan Anda untuk menempatkan diri pada tempatnya. Selain memperhatikan materi di halaman, perhatikan bagaimana ia menyajikan materi. Lihat apakah Anda dapat mengenali bagaimana penulis menempatkan materi latar belakang, argumen sekunder, informasi tangensial, dan sekadar omong kosong.

Bacalah sebelum Anda mulai membaca sekilas

Periksa sebuah artikel sebelum Anda membacanya. Dengan memprioritaskan artikel sebelum membaca sekilas, Anda dapat menentukan dengan tepat bagian-bagian dari artikel yang membutuhkan perhatian penuh Anda dan bagian-bagian yang dapat Anda lewatkan.

Cobalah untuk mendeteksi ide utama dalam paragraf pengantar

Paragraf pengantar biasanya mengungkapkan ide utama, argumen, atau tujuan dari suatu artikel atau bab. Baca paragraf ini dengan seksama. Mereka memberitahu Anda apa tujuan penulis, yang dapat membantu Anda memutuskan lebih awal apakah artikel atau bab tersebut layak dibaca secara detail.

Cara‌ ‌Membaca‌ ‌Teks‌ ‌Sekilas‌: Baca kalimat pertama di setiap paragraf

Kalimat pengantar setiap paragraf biasanya menggambarkan apa yang mengikuti paragraf. Saat Anda membaca sekilas, bacalah kalimat pertama dalam setiap paragraf dan kemudian putuskan apakah sisa paragraf itu layak dibaca. Jika tidak, lanjutkan.

Jangan membaca kalimat lengkap

Saat membaca sekilas, Anda bahkan tidak perlu membaca kalimat lengkap. Jika awal kalimat tidak menjanjikan memberi Anda informasi yang Anda inginkan, lewati untuk kalimat berikutnya. Baca awal kalimat dengan cermat apakah mereka akan menghasilkan informasi yang bermanfaat, dan membacanya sepanjang jalan hanya jika tampaknya bermanfaat pada pandangan pertama.

Lewati contoh dan bukti

Penulis sering memberikan contoh untuk membuktikan suatu poin, tetapi jika Anda yakin bahwa poin tersebut tidak perlu dibuktikan, Anda dapat melewatkan contoh tersebut.

Baca Juga:

Itulah Cara‌ ‌Membaca‌ ‌Teks‌ ‌Sekilas‌ yang perlu Anda ketahui dan praktekkan. Menarik sekali, bukan?