Kelancaran Membaca

Apa Itu Kelancaran Membaca dan Mengapa Itu Penting?

Apa Itu Kelancaran Membaca dan Mengapa Itu Penting?

Kelancaran membaca adalah kemampuan membaca secara akurat, lancar dan dengan ekspresi. Pembaca yang fasih mengenali kata-kata secara otomatis, tanpa kesulitan mengatasi masalah penguraian. Mereka terdengar alami, seolah-olah mereka sedang berbicara.

Baca Juga: Cara Mengajari Anak Membaca di Rumah

Pembaca yang tidak lancar membaca perlahan dan terdengar berombak. Kefasihan penting karena menjembatani antara pengenalan kata dan pemahaman. Ini memberi siswa waktu untuk fokus pada apa yang dikatakan teks. Mereka mampu membuat hubungan antara apa yang mereka baca dan latar belakang pengetahuan mereka sendiri.

Karena itu, mereka dapat berkonsentrasi pada pemahaman. Di sisi lain, pembaca yang tidak lancar harus menghabiskan lebih banyak waktu mengurai kata, menyisakan lebih sedikit waktu untuk memahami teks. Mereka sering harus membaca bacaan yang sama beberapa kali untuk mendapatkan pemahaman.

Bahkan ketika siswa mengenali kata-kata secara otomatis, mereka tidak lancar jika mereka tidak membaca dengan ekspresi. Untuk membaca dengan ekspresi, seorang siswa harus dapat membagi kata menjadi beberapa bagian, menggunakan ungkapan yang tepat. Tidak memperhatikan tanda baca sering mengubah arti teks. Sebagai contoh:

Anak-anak, tanpa mainan mereka, merasa sedih.

atau

Anak-anak tanpa mainan mereka merasa sedih.

Untungnya, kelancaran bisa diajarkan. Penting bagi orang dewasa untuk membacakan dengan suara keras kepada anak-anak, mencontoh apa yang dilakukan pembaca yang baik. Tunjukkan kepada anak-anak bagaimana Anda menghentikan tanda baca dan mengubah suara Anda untuk membuat teks lebih bermakna.

Anak-anak harus dibacakan oleh guru mereka, oleh orang tua mereka, dan oleh kerabat mereka. Semakin banyak contoh membaca dengan fasih yang didengar anak, semakin baik.

Baca Juga: Bagaimana Cara Meningkatkan Membaca Bahasa Inggris dalam 8 Langkah Mudah

Selanjutnya, penting bagi anak-anak untuk berlatih, mengajak mereka membaca berulang kali. Teks harus mudah dibaca dan relatif singkat. Ada beberapa cara anak-anak dapat berlatih membaca dengan lancar;

Membaca anak/orang dewasa – Dicontohkan oleh orang dewasa, kemudian dipraktikkan anak.

Membaca seperti paduan suara – membaca serempak.

Membaca dengan dibantu – membaca bersama dengan teks yang direkam.

Mitra membaca – membaca bersama dengan anak lain

Teater Pembaca – memainkan karakter, seperti dalam permainan.

Menilai kemajuan itu mudah dan sebagian besar anak berpikir itu menyenangkan. Anak-anak suka ketika Anda mengambil stopwatch dan mengatur waktu mereka.

Pilih satu bagian pada tingkat bacaan yang tepat, atur waktu selama 1 menit dan buatlah grafik hasilnya. Setelah beberapa latihan pada teks yang sama, atur waktunya lagi. Anak-anak melihat kemajuan langsung dan menjadi termotivasi untuk menjadi pembaca yang lebih lancar.

Kesimpulannya, kelancaran adalah kemampuan membaca secara akurat dan cepat. Ini penting karena pembaca yang lancar memahami dengan lebih baik. Ini dapat dikembangkan dengan pemodelan dan praktik.

Itulah penjelasan tentang apa itu kelancaran membaca dan mengapa itu penting. Selain itu, Anda juga dapat bermain slot online dengan mudah.